Fungsi Akuntansi Dalam Bisnis Di Indonesia

Fungsi Akuntansi Dalam Bisnis Di Indonesia

Fungsi Akuntansi Dalam Bisnis Di IndonesiaPada zaman yang sudah semakin modern ini, dimana era globalisasi membuat perkembangan bisnis di Indonesia semakin pesat. Mungkin banyak orang yang belum mengetahu bahwa fungsi akuntansi dalam bisnis di indonesia ini sangat berpengaruh. Tidak hanya di Indonesia saja bahkan di luar negri pun akuntansi sangat berperan didalam bisnis. Seperti pada dunia ekonomi tentunya sangat erat kaitannya dengan keuangan. Maka dari itu sangat penting ketika para pembisnis mengambil keputusan harus sesuai dengan berdasarkan informasi didalam akuntansi tersebut. Tentunya dalam dunia bisnis dan perusahaan yang memiliki kaitan yang sangat erat dalam dunia akuntansi sangat dibutuhkan keberadaannya. Disini akuntansi akan memberikan berbagai informasi dan jawaban dalam setiap kegiatan keuangan suatu perusahaan atau bisnis yang tentunya akan digunakan oleh seseorang untuk managerial. Selain itu juga akuntansi juga akan memberikan informasi yang didapat dari luar perusahaan untuk menilai performa atau kinerja dari perusahaan tersebut dalam menjalankan bisnisnya.

Sebenarnya peran kauntansi dalam bisnis ini sangatlah banyak dan juga berbrda beda dari setiap sumbernya. Secara garis besar berikut ini adalah fungsi akuntansi dalam bisnis :

  1. Untuk memberikan informasi keuangan kepada perusahaan
  2. Untuk mengalokasikan sumber-sumber daya langka agar pemakai informasi dapat memilih investasi yang tepat bagi modalnya .
  3. Sebagai pelapor kinerja manajemen kepada pemilik perusahaan.
  4. Tentunya juga untuk mengetahui perkembangan perusahaan.

Pada dasarnya tugas dari seorang akuntasi ini mengumpulkan data-data yang kemudaian digolong-golongkan dan diringkan yang nantinya akan di guanakn untuk menyusun laporan keuangan suatu perusahaan. Laporan keuangan tadi dapat disusun untuk dijadikan informasi yang relevan mengenai posisi keuangan suatu perusahaan. Selain itu juga pemilik perusahaan dapat melihat seluruh transaksi selama satu periode.

Dengan adanya kuntansi ini para pemilik perusahaan dapat mengawasi setiap modal yang keluar dan keuntungan yang masuk dalam perusahaannya. Dengan adanya fungsi akuntansi dalam bisnis pastinya akan sangat memudahkan para pembisnis. Ini artinya peran akuntansi sangatlah penting dalam suatu perusahaan. Selain itu juga akuntansi disini merupakan kunci utama untuk menjadikan perusahaan lebih berkembang karena tugas dari sebuah akuntan adalah mencatat transaksi, membuat laporan keuangan , lalu memberikannya kepada pihak yang berwenang. Yang dimaksud pihal yang berwenang itu seperti manajer, para investor, atau kreditur. Selain itu peran penting lainnya perusahaan akan mendapatkan informasi yang akurat ketika perusahaan mengalami laba atau rugi. Jadi hal tersebut sangat sesuai dengan fungsi-fungsi diatas. Bahwa akuntansi harus memberikan informasi keuangan yang ada di dalam perusahaan. Selain memberikan informasi akuntansi juga dapat bertugas sebagai pengawas atau pengendali keuangan perusahaan. Jadi memang akuntansi sangat memiliki peran penting dalam perusahaan atau bisnis.

Read Another Post :